Selasa, 04 Maret 2014

batu topas



Topaz
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel ini berisi tentang mineral atau batu permata. Untuk kegunaan lain, lihat Topaz (disambiguasi).
Topaz
Kumpulan kristal topaz pada matriks
Umum
Kategori
Al2SiO4(F,OH)2
Identifikasi
Warna
Jernih (jika tidak ada impuritas), biru, cokelat, jingga, abu-abu, kuning, hijau, merah muda dan merah muda kemerah-merahan.
[001] Sempurna
8 (mineral penentu)
kaca
putih
Transparan
3.49–3.57
Sifat optik
Biaksial (+)
nα = 1.606–1.629
nβ = 1.609–1.631
nγ = 1.616–1.638
δ = 0.010
Lemah di bagian tebal
Karakteristik lain
Fluoresen, UV pendek=kuning emas, UV panjang=krim
Referensi
Topaz adalah mineral silikat yang terdiri dari aluminium dan fluorin dengan formula kimia Al2SiO4(F,OH)2. Topaz mengkristal dalam bentuk ortorombik dan sebagian kristalnya berbentuk prisma berujung piramida atau bentuk lain.
Daftar isi
Warna dan variasi
Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas; topaz biasa berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat. Selain itu ada juga warna putih, hijau muda, biru, emas, merah jambu (langka), kuning kemerahan atau opak sampai transparan.
Lokasi
Topaz sering dikaitkan dengan batuan beku silisik jenis granit dan riolit. Mineral ini mengkristal di dalam pegmatit granit atau lubang uap di aliran lava riolit seperti di Pegunungan Topaz di barat Utah. Topaz dapat ditemukan bersama fluorit dan kasiterit di berbagai daerah termasuk Pegunungan Ural dan Ilmen di Rusia, Afghanistan, Sri Lanka, Republik Ceko, Jerman, Norwegia, Pakistan, Italia, Swedia, Jepang, Brazil, Meksiko, Pulau Flinders, Australia, Nigeria, dan Amerika Serikat.
Galeri
Topaz tak berwarna, Minas Gerais, Brazil
Belahan topaz biru
Topaz merah
Batu topaz Kekaisaran
Belahan topaz dalam berbagai warna, termasuk mistik.
Batu Topaz di kenal di Indonesia berbagai macam nama misalnya Ratna Cempaka atau Mirah cempaka terkadang orang menamai  batu yakut, Akan tetapi yakut juga dipakai batu yang berwarna kuning. 

Nama Topaz berasal dari nama Pulau Topasos di Laut Merah, dulu di tempat ini banyak didapati batu batu berwarna kuning. Batu Topaz biru muda di namakan Topaz Siberia, biru lebih tua disebut Topaz Brazillia.
Menurut pengertian ilmu, tambang batu ( Mineralogisch ) yang di namakan batu Topaz tidak selalu berwarna kuning tetapi ada juga berwarna biru dan merah. Batu Topas yang terbaik mempunyai kilau sangat tinggi terang, bening dan dingin jika dipegang, agak licin. Ciri khas Batu Topaz ini kita gosok dengan keras dapat mengeluarkan api atau bila di hangat kan akan manimbulkan medan magnit cukup kuat bisa menarik sehelai rambut. Batu topaz yang asli jika kita teropong dengan lensa tidak terdapat gelembung-gelembung halus.

Batu Topaz melambangkan kesuksesan, kebahagiaan, kedamaian, kesabaran dan keberuntungan. Batu ini bisa digunakan untuk menenangkan pikiran dan melindungi penggunanya dari bahaya. Jika batu Topaz digunakan untuk cincin, dapat digunakan untuk mengusir setan.

Zircin biru adalah batu kelahiran kuno bulan ini yang berarti kesuksesan, cinta, keberuntungan dan kesabaran. Batu zircon dipercaya mampu meningkatkan intuisi, ketahanan dan stabilitas. Banyak orang percaya bahwa pengguna batu ini mengalami penurunan dalam depresi dan insomnia.

Cara test Batu Topaz

Untuk test keaslian Batu Topas ;

Beli Cairan Bromoform di apotik terdekat.  Caranya masukan batu topas kedalam Bromoform tadi. Jika batu itu tenggelam, Itulah Batu Topaz  yang asli dan bila mengambang, di pasti topaz palsu. Bagi yang masi awam seringkali tertipu antara Topaz kuning dangan Citrine Quartz karena kedua batu itu sama warnanya, dan perbedaan harganya sangat besar. Disaran untuk berhati-hati saat membeli Topaz kuning, Dan meminta penjualnya untuk menuliskan pada kwitansi penjual bahwa yang di belinya adalah topaz kuning asli bukan Citrine.


1 komentar:

  1. Batu Topas memang banyak digemari, btw. Batu Mulia sekarang memang menjadi tren, banyak orang yang
    mulai berminat. Termasuk juga
    Batu Topas
    dan batu junjung drajat Apalagi
    berjenis batu
    bertuah
    .

    BalasHapus