Selasa, 04 Maret 2014

BATU BULU HARIMAU



BATU BULU MACAN

Batu yang satu ini memang istimewa, sebutan paling terkenal adalah Batu Bulu Macan, karena mempunyai fenomena serabut-serabut halus yang timbul dan tenggelam saat terkena cahaya. Serabut-serabut itu tampak seperti bulu macan yang menggemaskan. Oleh karena itu, batu cantik yang satu ini banyak disebut sebagai batu Bulu Macan. Di beberapa kota, batu ini juga disebut sebagai batu "bulu monyet".
Bulu Macan
Batu yang mengeluarkan warna seperti bulu macan ini mempunyai harga yang lumayan tinggi. Faktor kelangkaan batu jenis ini menjadi salah satu penyebabnya. Batu ini lumayan banyak dicari para kolektor dan penghobi batu mulia, terutama yang mempunyai ukuran besar dan bulu yang "gondrong". Batu Bulu Macan dengan ukuran sekitar 2 cm panjang lebar 1 cm tebal 1 cm bila mempunyai bulu penuh diseluruh badan harganya bisa tembus diatas 1 juta rupiah. 
Bulu Macan
Jenis batu Bulu Macan penulis masih agak ragu sebab belum pernah mengirim batu ini ke Lab. Batu Mulia. Beberapa teman di Jogjakarta menyatakan batu Bulu Macan ini adalah batu Black Onyx. Ada seorang teman pengasah batu mulia di Jogjakarta ketika menggosok batu Onyx hitam dia mendapati salah satu batu yang diasahnya keluar efek-efek bulu halus seperti yang terdapat pada batu Bulu Macan. Alhasil, dia menjual batu Onyx hitam itu sebagai batu Bulu Macan, dan memang batu itu adalah Bulu Macan. Tapi untuk pastinya besok penulis akan coba membuat memo laboratorium untuk batu ini.
Batu Bulu Macan
Batu Bulu Macan dengan ukuran besar dan "rambut gondrong" memang manjadi salah satu primadona di pasar batu mulia Indonesia. Harga yang lumayan tinggi malah semakin membuat batu ini diburu. Sebagai bukti, batu Bulu Macan di toko www.batumuliacrstal.com selalu habis terjual dengan cepat dan permintaan akan batu tersebut ada terus setiap minggu. 
Batu bulu macan merupakan batu asli Indonesia yang lebih tepatnya berasal dari daerah jawa timur lumajang/jember. Ada yang bilang batu bulu macan merupakan fosil dari limbah tebu yang mengendap selama ratusan tahun, sehingga batu ini banyak ditemukan didaerah sekitar bekas pabrik tebu jaman dahulu.

Ciri-ciri batu ini sangat khas, diantara untuk warna dominan adalah hitam dengan adanya fenomena seperti bulu yang seakan-akan bergerak apabila batu kita goyangkan. Namun fenomena bulu pada tiap batu bulu macan ini berbeda-beda, ada yang berupa rambut-rambut apabila terkena cahaya baru terlihat fenomena bulunya selain itu ada juga yang berupa kembang yang tanpa bantuan cahaya pun bulu sudah dapat terlihat jelas. Namun dari fenomena bulu tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Harga batu bulu macan biasanya tergantung dari ukuran batu dan bentuk fenomena bulunya. Semakin besar ukuran batu dan semakin bagus fenomena bulunya maka semakin mahal pula harganya bisa mencapai harga jutaan rupiah mengingat batu bulu macan untuk sekarang ini juga susah didapat alias langka. Faktor kelangkaan ini yang membuat harga batu bulu macan cenderung stabil bahkan akan semakin mahal.

3 komentar:

  1. Apa semua batu bulu macan asli motifnya bakal terlihat bergerak? karena punya saya tidak bergerak ketika kena cahaya. Atau apa belum jadi?

    BalasHapus
  2. Istimewanya harusnya bergerak gan, klo gak bergerak banyak, jenis ba
    iduri juga bagus item serat emas tapi ya begitu tidak bergerak, jika pengen dan minat dengan batu bulu macan saya ad stok 3 biji ukuran macam2, saya kumpulkan dri kolektor2 batu...minat saya punya dan saya jual batu bulu macan pin 3304c021

    BalasHapus
  3. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus