Rabu, 05 Maret 2014

batu tapak jalak



BATU TAPAK JALAK
Batuan ini dinamakan Tapak Jalak karena setelah menjadi akik muncul garis berbentuk tanda tambah atau salib di tengah batu. Tanda ini mirip dengan tapak (bahasa jawa berati jejak) kaki burung Jalak. Garis ini sebenarnya telah terlihat ketika masih berwujud batuan bahan. Batuan ini adalah batuan sedimen atau endapan, dimana lapisan endapan itulah yang kemudian menjadi garis salib (tambah). Batuan jenis ini banyak terdapat di berbagai daerah

Faktor yang membedakan batu Tapak Jalak Luk Ula dengan Tapak Jalak daerah lain adalah unsur kegilapan, kekerasan dan kepadatan molekul (mineral penyusun batu) Luk Ula dibanding batuan sejenis dari daerah lain dikarenakan lamanya atau tuanya proses pembentukan. Pertemuan sedimentasi yang sempurna membentuk pesilangan salib menghasilkan reaksi energi balik dan bias dari batuan terhadap energi luar. Daya makrokosmos ini akan menginduksi pemakainya sehingga terjadi sinergi berupa daya perlawanan dan daya bias dalam diri pemakai terhadap daya luar yang bersifat kontradiktif atau membentur.
  • Daya ini secara psikologis menimbulkan efek meningkatnya keberanian diri si pemakai, sehingga sangat cocok dipakai oleh orang yang cenderung memiliki rasa kekhawatiran yang tinggi. Dengan dikenalnya sinergi batu Tapak Jalak ini, tidak jarang dijumpai Tapak Jalak palsu di pasaran. Pembuatan Tapak Jalak palsu bisa dilakukan dengan teknik pahat kecil pada permukaan batu akik kemudian menambalnya dengan serpihan batuan lain menggunakan lem dan dihaluskan lagi hingga finishing. Hasilnya pun sering kali mengelabuhi para pecinta batu akik. Satu-satunya cara untuk menghindari penipuan hanyalah dengan melihat terlebih dahulu batuan bahan Tapak Jalak. Home
Batu Tapak Jalak
Batu Tapak Jalak adalah salah satu batu favorit bagi para pecinta batu mulia di Indonesia.Yang dimaksud dengan batu Tapak Jalak adalah batu dengan motif palang melintang pada permukaan batu, dan palang itu tembus ke bagian belakang permukaan batu membelah batu menjadi empat bagian sama besar. Ketika batu jenis ini disenter dari belakang maka sinar senter akan menembus bagian garis palang itu (klik untuk lihat contoh). Batu Tapak Jalak kwalitas bagus akan menunjukan garis palang tembus cahaya sempurna. Batu ini banyak diburu karena dipercaya mempunyai daya atau aura pengasihan yang kuat.
Cek Lab. Batu Tapak Jalak
Sebenarnya semua jenis batu mulia maupun semi mulia yang menunjukan kharakteristik garis palang ditengah tembus dari permukaan atas sampai permukaan bawah bisa disebut sebagai Tapak Jalak. Kebanyakan batu Tapak Jalak berasal dari jenis Agate terutama jenis Jasper Chalcedony. Hasil cek laboratorium untuk batu Tapak Jalak diatas menunjukan jenis batunya. Tertulis juga indikasi keaslian batu Tapak Jalak "No Indication of dye" atau tidak ada indikasi penyambungan atau pewarnaan.
Tapak Jalak Ring Monel CZ
Batu jenis ini selain jarang ditemukan juga merupakan salah satu batu yang melegenda. Nama "Tapak Jalak" sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar batu mulia di Nusantara. Oleh sebab itu, saat ini banyak beredar batu Tapak Jalak palsu dengan kwalitas bagus. Kadang salah satu garis palang itu merupakan garis buatan, batu dipotong dan disambung, sambungan itulah yang menjadi salah satu garis palang. Jadi untuk identifikasi batu Tapak Jalak natural perlu ketelitian tinggi agar tidak tertipu.
Tapak Jalak Ring Perak

Batu Natural Tapak Jalak Iket Perak
Harga Batu Tapak Jalak lumayan mahal di pasaran Indonesia. Harga batu Tapak Jalak mulai dari yang tidak rasional dengan embel-embel cerita ghoib berharga mulai Rp. 100 jt ke atas. Namun banyak pedagang batu yang menghargai nilai estetis kindahanya, sesuai dengan kharakteristik Tapak Jalak, memasang harga mulai Rp. 100rb keatas. Sekarang terserah anda dalam menghargai sebuah batu unik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar